Minggu, 24 Juni 2012

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya Dikenalkan Ke Empat Kota


Palembang, BP
Pemerintah Kota (Pemko) Palembang akan menyelenggarakan road show film seminar kebudayaan se-Indonesia di empat kota yakni Palembang, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Kegiatan itu untuk mengenalkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya pada masa zaman dahulu.
Ketua Yayasan Kebudayaan Tandi Pulau, Erwan Surya Negara, mengatakan, penyelenggaraan roadshow akan dimulai pada Mei. “Film berjudul ‘Launching Napak Kilas Tentang Kerajaan Sriwijaya’ akan kita lakukan bulan Mei ini, tujuannya untuk merebut kongres kebudayaaan diselangarakan di Kota Palembang,” jelas Erwan, usai audensi dengan Walikota Palembang Eddy Santana Putra di ruang rapat Parameswara, Senin (30/4).
Menurut dia, pengenalan Kerajaan Sriwijaya ini akan dilakukan melalui film tentang masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya hingga zaman megalitikum Pasemah (zaman pra Kerajaan Sriwijaya). “Film ini berdurasi selama 1 jam 45 menit,” katanya.
Dalam hal ini, lanjut Erwan, pihaknya tidak serta merta menjalin kerja sama dengan pihak produksi film, mengingat yayasan betul-betul menyeleksi rumah produksi film agar pembuatan film benar-benar mengutamakan sisi Kerajaan Sriwijaya. “Pembuatan film tentunya ada kendala, salah satunya sulit mencari lokasi artepak dan barang pra sejarah lainnya,” ujar Erwan.
Sedangkan kendala lain, lanjut dia, pihaknya kesulitan menemukan tempat-tempat yang dianggap cocok dalam pembuatan film. Seperti tempat situs atau patung Budha yang ditemukan di Bukit Siguntang beberapa waktu lalu.
Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang Mirza Fansuri mengatakan, pihaknya mendukung penuh apa yang akan dilakukan Yayasan Kebudayaan Tandi Pulau untuk mempromosikan tentang keberadaan Kerajaan Sriwijaya di Kota Palembang. Terlebih lagi kegiatan itu untuk meraih penyelenggaraan kongres kebudayaan di kota ini melalui pemutaran film di empat kota, termasuk Palembang.
“Bentuk dukungan kita dengan adanya rencana tersebut, akan menjalin kerja sama denga pihak pemilik bioskop. Salah satunya bioskop 21 untuk pemutaran film ini,” ujarnya.
Selain itu, kata Mirza, pihaknya juga akan memberikan rekomendasi tempat-tempat pengambilan gambar bagi Yayasan Tandi Pulau untuk pembuatan film itu. “Yang jelas kita dukung penuh mengenai film ini,” kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar